resume 1

PENGARUH EVA DAN RASIO – RASIO PROFITABILITAS TERHADAP
HARGA SAHAM

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh ROA (Return On asset), ROE (Return on Equity),ROS (Return on Sales), EPS (Earning Per Share), BEP (Basic Earning Power),dan EVA (Economic Value Added) terhadap harga saham. Penelitian ini dibatasi untuk perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta(BEJ) untuk periode 2001 sampai 2002. dalam penelitian ini dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut:
H1 : ROA (Return On Asset) berpengaruh terhadap harga saham.
H2 : ROE (Return On Equity) berpengaruh terhadap harga saham.
H3 : ROS (Return On Sales) berpengaruh terhadap harga saham.
H4 : EPS (Earning Per Share) berpengaruh terhadap harga saham.
H5 : BEP (Basic Earning Power) berpengaruh terhadap harga saham.
H6 : EVA (Economic Value Added) berpengaruh terhadap harga saham.

Dalam pemilihan sample, peneliti mengambil sample perusahaan yang telah go publik, mengeluarkan laporan pengamatan setiap tahun, perusahaan tercatat mempunyai data harga saham, dalam laporan keuangannya tercantum biaya bunga dan beban pajak, perusahaan yang datanya tidak bersifat outliers. Perusahaan yang dijadikan sample 45 perusahaan.
Metode analisis data yang digunakan adalah teknik regresi berganda atau multiple regression untuk menguji pengaruh ROA, ROE, ROS, EPS, BEP, dan EVA terhadap harga saham. Model regresi berganda adalah teknik analisis regresi yang menjelaskan hubungan antara variabel dependen dengan beberapa variable independen. Pengujian hipotesis ini meliputi:
a. Pengujian Ketepatan Perkiraan (Goodness of Fit Test)
b. Pengujian Koefisien Regresi Secara Parsial (Uji t)
Berdasarkan pengambilan sampel penelitian yang telah disajikan, penulis mengambil 45 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ dengan kriteria yang telah ditentukan.
 Analisis Regresi Linier Berganda
 Uji Goodness of Fit (R2)
Hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1. Hasil uji t parsial menunjukkan bahwa earning per share (EPS) berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya EPS dapat digunakan untuk menentukan nilai perusahaan.
2. Hasil uji t parsial menunjukkan bahwa return on asset, return on equity, return on sale, basic earning power, dan economic value added tidak berpengaruh terhadap harga saham. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05). Artinya ROA, ROE, ROS, BEP, dan EVA tidakdapat digunakan untuk menentukan nilai perusahaan.

sumber: http://etd.eprints.ums.ac.id/813/2/B200040071.pdf.

Tidak ada komentar: